kapalan


Kulit kapalan adalah kulit yang mengalami penebalan pada bagian tertentu, biasanya terjadi di kaki. Sebenarnya kulit kapalan merupakan sesuatu hal yang normal karena merupakan salah satu sistem pertahanan kulit jika terjadi gesekan.

Ada beberapa penyebab kulit kaki mengalami kapalan. Berikut beberapa penyebab kaki kapalan:

1. Gesekan berlebih.
Kulit yang kapalan merupakan salah satu reaksi dari gesekan ekronik, yaitu gesekan berlebihan dalam waktu lama, konstan dan terjadi secara terus menerus . Gesekan ini akan menimbulkan reaksi kulit yang mengakibatkan kulit menjadi menebal. Gesekan ini terjadi karena seseorang sering menggunakan high heels atau sepatu yang kurang tepat untuk kaki. Aktivitas yang berlebihan yang menyebabkan tekanan pada kaki juga mengakibatkan kulit mengalami penebalan.

Kulit yang sering mengalami penebalan akibat gesekan adalah lapisan kulit tanduk. Lapisan kulit tanduk merupakan lapisan kulit yang sudah mati dan letaknya berada di permukaan luar. Sehingga reaksi penebalan kulit menjadi hal yang wajar sebagai cara mekanisme pertahanan diri kulit untuk mengatasi gesekan yang berlebihan. Yang menjadi masalah adalah ketika kulit yang mengalami penebalan tadikemudian menjadi mengeras. Kulit kapalan yang mengeras akan menekan sistem saraf-saraf perasa kulit dan mengakibatkan rasa nyeri terutama pada saat berjalan.


2. Sensitif terhadap Bahan Kimia
Bahan kimia yang ada di sekitar anda seperti detergen ataupun pembersih lantai juga bisa menyebabkan kulit kaki menjadi kapalan. Jika bahan-bahan kimia itu terkena kulit kaki maka bisa menyebabkan iritasi Jika hal tersebut berlangsung lama maka bisa menyebabkan kulit menjadi menebal dan kering. Kulit kering terjadi akibat kurang kelembababn akibat berkurangnya komposisi air pada tubuh. Komposisi air untuk tubuh termasuk kulit sebanyak 80 persen.

3. Kelainan Struktur Tulang.
Kelainan struktur tulang yang di dalamnya lebih menonjol akan membuat seseorang jika memakai sepatu akan lebih memberikan penekanan pada bagian tersebut.

Berikut ini beberapa tips untuk mengurangi kapalan, seperti dikutip dari Become Gorgeous.

1. Rendam kaki Anda dalam air hangat selama lebih kurang 20 menit. Anda bisa menambahkan garam laut, baking soda, teh chamomile atau cuka apel untuk mengurangi bengkak dan agar bisa lebih mudah menghilangkan kapalan.

2. Gosokkan batu apung pada area kaki yang bermasalah, untuk menghilangkan kulit yang mengeras atau bisa gunakan scrub halus.

3. Oleskan krim pelembap setiap hari, khususnya setiap malam sebelum tidur untuk menghaluskan kaki. Pilih krim yang mengandung salicylic acid yang membantu proses penyembuhan lebih cepat.

4. Banyak orang yang mencoba menghilangkan kapalan menggunakan benda tajam, tapi cara tersebut tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan luka dan infeksi. Bahkan risikonya bisa lebih tinggi bagi mereka yang menderita diabetes atau masalah pada pembuluh darah. Jika kapalan mulai terasa sakit dan memerah, bahkan berdarah, segera pergi ke dokter kulit untuk mengatasinya.(wolipop)
sumber 1
sumber 2

0 komentar

Posting Komentar