Elektronika - Komponen Elektronika 3 (DIODA)

Dioda merupakan komponen dengan dua terminal dan terbentuk dari dua jenis semikonduktor (silikon jenis n dan jenis p) yang tersambung. Komponen ini mudah dialiri arus listrik dalam satu arah tetapi amat sukar dalam arah kebalikan nya.

Secara sederhana sebuah dioda bisa kita asumsikan sebuah katup, dimana katup tersebut akan terbuka manakala air yang mengalir dari belakang katup menuju kedepan, sedangkan katup akan menutup oleh dorongan aliran air dari depan katup.

Dioda memiliki 2 buah kaki, anoda dan katoda. Anoda ialah kaki yang mengantarkan arus positif dan katoda sebaliknya, menghantarkan arus negatif. Arus listrik akan mengalir dari anoda ke katoda. Hal ini dinamakan pemberian tegangan maju.




Jenis-jenis dioda berdasarkan fungsinya :
1. Dioda Bridge


dioda bridge adalah sebuah komponen elektronika semikonduktor yang berfungsi sebagai penyearah arus bolak-balik (AC). Disebut dioda bridge karena didalam komponen ini terdapat empat buah dioda yang dihubungkan saling bertemu satu sama lain (bridge rectifier/penyearah jembatan).
Dioda bridge merupakan penyearah arus bolak-balik satu gelombang penuh, jadi akan dihasilkan tegangan DC (searah) yang lebih baik, yang cenderung memiliki noise rendah. Saat ini, dioda bridge banyak digunakan pada perangkat-perangkat elektronika modern, karena memang memiliki kinerja yang baik.
2. Dioda Zener

Dioda zener digunakan untuk regulasi tegangan.
3. LED (Light Emiting Dioda)


Dioda pemancar cahaya atau LED adalah dioda yang memancarkan cahaya bila dipanjar maju. LED dibuat dari semikonduktor campuran, seperti, galium arsenida fosfida (GaAsP), galium fosfida (GaP), gallium indium fosfida (GaInP, dan galium aluminium arsenida (GaAlAs)).
4. Dioda penyearah


Dioda ini disebut juga rectifier yang berfungsi mengubah arus bolak balik menjadi arus searah. Dioda ini diberi kode 1N dan diikuti nomor selanjutnya sesuai dengan nomor dari pabriknya.
Cara menentukan kaki pada dioda penyearah ialah dengan melihat garis yang melintang pada badan dioda tersebut.Kaki yang dekat dengan garis ialah katoda dan sisanya ialah anoda. Hal ini juga berlaku pada simbol dioda yang terdapat pada gambar di bawah ini.

5. Dioda foto
Dioda foto (fotovoltanic) digunakan untuk mengubah energi cahaya menjadi energi listrik searah.

Pada umunya dioda dibuat dari bahan semikonduktor sbb :
1. Silicon, tegangan yang jatuh pada saat bias maju adalah 0,7 volt.
2. Germanium, tegangan yang jatuh pada saat bias maju adalah 0,3 volt


sumber 1
sumber 2

0 komentar

Posting Komentar