Penyebab Maag

maag merupakan penyakit yang menyerang lambung bisa karena si penderita makannya tidak teratur atau yang lainnya. Penyakit magg dibedakan menjadi 4, yaitu Maag ringan, maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini. Maag sedang, pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan.

Rasa nyeri itu disebabkan oleh rangsangan asam lambung terhadap lapisan mukosa lambung, sehingga ujung-ujung syaraf yang ada padanya lebih peka terhadap rasa nyeri. Rasa nyeri ini biasanya dirasakan di daerah ulu hati dan terasa jelas sehingga bisa ditunjukkan dengan pasti lokasinya. Kadang-kadang nyeri ini dirasakan di dinding dada depan atau bisa juga di punggung. Selain nyeri, rangsangan asam lambung tadi juga mengakibatkan munculnya rasa mual. Nyeri ini akan terasa saat lambung kosong dan hilang setelah diisi makanan.

Ada beberapa hal yang menjadikan seseorang bisa terserang maag, antara lain:

a. Pola makan
Pola makan tidak teratur mudah terserang penyakit ini. Pada saat perut harus diisi, tapi dibiarkan kosong, atau ditunda pengisiannya, asam lambung akan mencerna lapisan mukosa lambung, sehingga timbul rasa nyeri.

b. Jenis makanan
Jenis makanan tertentu akan merangsang dinding lambung, sehingga terjadi radang/luka, seperti makan yang pedas atau asam.

c. Stres emosi
Strees dan emosi dapat memicu meningkatnya produksi asam lambung, seperti beban kerja yang berlebihan, cemas, takut, atau diburu-buru.

d. Pemakaian obat
Ada obat-obat tertentu yang merangsang dinding lambung, sehingga menimbulkan gangguan keseimbangan dalam lambung.

e. Adanya penyakit seperti luka bakar, pembedahan gagal ginjal, dan lain-lain.

f. Alkohol dan rokok.

sumber

0 komentar

Posting Komentar